Rabu, November 16, 2011

Rabu, November 16, 2011 - No comments

Ukhuwah Itu...



Ini adalah salah satu topik yang sangat 'berat' untuk ditulis. sebenarnya ini lebih kepada refleksi jiwaku yang sedang rapuh, merasa terhadang realitas ; lelah, marah, kecewa, dan banyak hal lainnya.






dulu saat SMA, rasanya begitu semangat. Tapi, saat ini teman-teman sudah punya hidup sendiri, dan rasanya hanya memikirkan diri sendiri.. well mungkin tidak betul tapi itulah yang kurasakan. terlalu sering terlambat datang ke pertemuan dan rapat karena alasan 'masak' buat suami, atau karena suami belum datang untuk mengantar. lalu duduk di rapat dengan gelisah ingin cepat pulang, lagi, dengan alasan yang sama "suamiku belum makan". Mengapa tidak sekalian saja izin tidak datang, karena datang pun membuat orang gak nyaman. lucu sekali, mengapa justru setelah menikah, saat sudah ada seseorang yang memahami kesibukan dakwah, yang justru melakukan banyak sekali absen dan keterlambatan. seakan mereka sendiri yang ingin difahami, belum lagi jika ada kegiatan, selalu mengambil porsi kerja kecil, lagi, dengan alasan yang sama. 

benar bukan? tulisan ini tentang rasa tidak ikhlas, tentang kondisi hati yang kacau. karena hati yang bersih itu hati yang selalu ingin memahami, hati yang lapang yang mencintai saudarinya dan mengerti bahwa hidup berkeluarga itu lebih kompleks..., bahwa masalah kita tak pernah sama mudahnya meski dilihat dari kacamata masing-masing, bahwa mungkin saja ia tak pernah nyaman dengan kondisi itu dan mengharapkan dukungan dan bantuan bukan sikap menuduh, bahwa ia bisa lebih kuat ada kita yang mengingatkan, karena bukankah ia juga manusia?

Bukankah dirimu telah berulang kali membaca sirah para salafus shalih yang menangis saat ada saudaranya meminta bantuan. menangisi dirinya yang lalai akan kebutuhan saudaranya. Bukankah dirimu sangat nyaman bersahabat dengan orang-orang shalih ini lalu mengapa tak ingin mengalah demi menjaga silaturahim, atau jangan2 dirimulah yang yang selalu ingin dimengerti? bukan begitu Disa?


ataukah ukhuwah itu sekedar materi pekanan yang diselipkan dengan anggukan dan muka tertunduk yang palsu....?

0 Comment: