Jumat, Oktober 22, 2010

Jumat, Oktober 22, 2010 - 5 comments

Naming System In English

Penamaan anak merupakan hal penting dalam banyak budaya. Bahkan, tak sedikit masyarakat di banyak daerah yang menganggap bahwa nama dapat menggariskan dan menggambarkan bagaimana hidup anak mereka. Dari kepercayaan inilah kemudian tata cara penamaan mulai diperhitungkan dan diwariskan dari tahun ke tahun hingga berabad-abad. 

Kali ini, Dee akan membahas tentang sistem penamaan dalam kebudayaan Inggris. seperti yang kita tahu bahwa di negara Inggris dan negara-negara Berbahasa Inggris pada umumnya memiliki tata urutan nama seperti Given Name, Middle Name dan Surname. Apa sebenarnya arti dari masing-masing frasa itu? dan apa fungsinya?
Ok, Sekarang Perhatikan Dian Hadriani Pratama. 
Dian adalah 'Given Name'
Hadriani adalah Middle Name
Pratama ialah Surname
Given name ialah nama yang diberikan oleh orang tua kita, kadang disebut juga Forename atau First name. kemudian Middle name ialah nama kedua yang diberikan orang tua kita. banyak negara yang tidak menganut sistem middle name karena dirasa cukup membingungkan, Tapi dianut oleh sebagian besar negara di Amerika. lalu surname atau yang biasanya disebut family name. Cara menetapkan surname atau family name sangat berbeda masing-masing negara. ada yang diambil dari jalur ayah dan ada juga dari pihak ibu, atau bahkan diambil dari nama2 tertentu. ada juga yang bahkan tak memakai Surname. 
Jadi pada saat kita mengisi Filling Form beasiswa, jangan langsung kaget. isi saja nama Ayah pada Form Surname, dan jika tidak memiliki middle name kita boleh mengosongkan Form-nya (hal ini tidak dipermasalahkan oleh bagian administrasi). yang bermasalah jika kita hanya memiliki satu nama misalnya "Nuraeni" saja atau "Ismail" saja. Sebelum melanjutkan,  ada cerita Dosen yang agak lucu tentang hal ini. Teman dosenku itu cuma memiliki satu nama, sebut saja Mahmud. akhirnya ia bermasalah di bagian administrasi, ia diminta menambahkan nama pada bagian belakang namanya dan syaratnya tidak boleh berbeda dengan Akta Kelahiran. ia kebingungan. akhirnya dia mendouble namanya menjadi Mahmud Mahmud. syukurlah diterima. hehehe...
Given name dalam kebudayaan Inggris sangat diperhitungkan. given name biasanya diambil dari banyak hal seperti, 
  • gelar kekayaan atau kebangsawanan misalnya Sarah (Sara, Princess) atau Albert (Bangsawan yang cerdas atau cemerlang)
  • Sumber yang popular lainnya ialah Objek. Misalnya Peter (dari Petra : Batu) atau Steven (dari Stephanos ; Mahkota)
  • Nama-nama Bunga (bagi perempuan), contoh yang terpopuler ialah Rose dan Lily.
Pada sekitar Tahun 1700-an, di Inggris sangat popular dengan rumusan pemberian nama --yang sebenarnya telah ada dari kebudayaan Gaelic, bahkan masih tersisa pada kebudayaan Irlandia. Rumusan ini bagi banyak masyarakat sangat baik digunakan, entah untuk alasan kemudahan atau untuk alasan menjaga penamaan keluarga. perumusan yang dimaksud ialah sebagai berikut :
  1. Anak Laki-laki pertama akan dinamai dengan nama ayah dari AYAH (kakek dari garis ayah)
  2. Anak Laki-laki kedua akan dinamai dengan nama ayah dari IBU (Kakek dari garis Ibu)
  3. Anak Laki-laki ketiga akan dinamai dengan nama Ayah
  4. Anak Laki-laki keempat akan dinamai dengan nama saudara Laki-laki tertua dari pihak ayah (Paman yang paling tua dari pihak ayah)
  5. Anak Perempuan pertama akan dinamai dengan nama ibu dari IBU (nenek dari pihak Ibu)
  6. Anak perempuan kedua akan dinamai dengan nama ibu dari Ayah (nenek dari pihak ayah)
  7. Anak perempuan Ketiga akan dinamai dengan nama Ibu
  8. Anak perempuan Keempat akan dinamai dengan nama saudara perempuan tertua dari pihak Ibu (Tante tertua dari pihak Ibu).
Makanya, populasi anak yang memiliki nama yang sama berkembang pesat. dan jangan heran, dalam beberapa situs yang meneliti tentang genealogi mencatat hingga 24% - 26% warga saat itu memiliki nama Mary dan John. Jadi, Jika warga kita sekitar 10.000 orang artinya 2.400 - 2.600 warga memiliki nama Mary dan John. hhhfffff......

Surname, hmmm.....Ada beberapa referensi yang menyebutkan bahwa Masyarakat Inggris mulai menggunakan surname pada abad ke 13 atau 14. pada sekitar tahun 1400-an sebagian besar masyarakat Inggris dan Skotlandia telah menggunakan Surname, bahkan pada masa itu Raja Henry VII --Raja Inggris yang berkuasa-- menetapkan bahwa anak yang lahir harus tercatat dengan Surname dari Ayah. Meskipun begitu banyak juga dari orang-orang Skotlandia dan sebagian besar masyarakat Wales belum menggunakan Surname hingga abad 17. 

Banyak Surname Inggris yang berasal dari 7 tipe berikut ;
  1. Nama Pekerjaan atau profesi misalnya :  SmithSawyerFullerBrewerClarkCooperCookCarpenterBaileyParkerForrester, HeadPalmerArcherHuntBakerMillerDyerWalkerWoodman,TaylorTurnerKnight SlaterMasonWeaverCarterWright
  2. Karateristik personal misalnya : ShortBrownBlackWhiteheadYoungLongWhite
  3. Fitur geografis, misalnya : BridgeCampHillBushLakeLeeWoodHolmesForestUnderwoodHallBrooks FieldsStoneMorleyMoorePerry
  4. Nama tempat, misal :  WashingtonEveringhamBurtonLondonLeightonHamiltonSuttonFlintLaughton
  5. Perkebunan, biasanya digunakan oleh pemilik lahan
  6. Keturunan, baik ayah atau Ibu. Contoh dari pihak ayah : Jackson, Wilson, Thompson, Dawson, Johnson, Harrison, Mc Faden, Mc Feehly (Mc atau Mac dari Irlandia artinya 'Son of' ada juga yang berarti 'Daughter Of'). Mac Donald donk! ya gak?
  7. Bersifat religius atau Ikatan kelompok keagamaan, misalnya : Kilpatrick (Pengikut Patrick), Kilbride (Pengikut Bridget). Beberapa sumber mengatakan bahwa Kil berasal dari 'Chill' bahasa Gaelic yang berarti Gereja.
Di dunia modern, sistem penamaan Given Names biasanya lebih mengikut pada budaya yang lagi 'IN', tapi Surname masih dijaga oleh sebagian besar masyarakat. hal ini justru memudahkan pencarian leluhur terdahulu dan akar keluarga masing-masing. tetapi yang menjadi permasalahan ialah jika wanita menikah apakah ia harus mengikut pada Surname-nya atau mengikut pada nama suami. Dahulu, Zaman abad pertengahan jika seorang pemuda dari kalangan biasa menikah dengan seorang wanita yang memiliki status yang lebih tinggi, maka ia akan mengikut pada nama Istrinya. hal ini menjadi marak terutama di kalangan warga Kanada yang memakai sistem garis Ibu. Tapi kemudian kebudayaan yang dipertahankan hingga sekarang ialah Istri menggunakan Nama akhir suami. 

HHHHmmmffff.... Whoaaammm.. ternyata sudah jam 01.17. 
semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi yang mempelajari kebudayaan inggris. 

Referensi ;
  • Family Name, http://en.wikipedia.org
  • Talan Gwynek, Late 16th Century English Given Names
  • Donna Przecha, The Importance of given Name, www.genealogy.com

5 Comment:

Halo kak, saya mau bertanya kalau nama terdiri dari 3 kata. Namun, yang terakhir bukan surname itu pengisian di formnya tetap diisi ke surname saja atau ke middle name kak terimakasih...

Klo nama cuma Rahmat gimana ngisi nama depan tengah belakang ? Susah KYC saya

Mas nama saya di KTP Paijo M. L. SH
Nama depan : Paijo
Nama Belakang : M. L. SH.
Apakah benar caranya begini mas?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.